Menyusuri Ngarai Jawa Timur (Canyoning)

Berpetualang ke gunung dan pantai mungkin sudah hal yang biasa. Pernah gak kalian kepikiran untuk menghabiskan waktu liburan dengan berpetualang menyusuri ngarai. Yah, ngarai namanya. Menyusuri segarnya cipratan air terjun, melompat,  bahkan beberapa kita juga butuh teknik untuk berenang dan menyelam. Canyoning namanya, cabang olahraga luar ruangan yang saat ini lagi berkembang di Indonesia.

1. Umpak Probo
Air terjun umpak probo, warga sekitar biasanya menyebutnya. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang tidak terlalu deras merupakan tempat yang cocok bagi kalian yang ingin mencoba olahraga canyoning. Berlokasi di kaki gunung Pundak dan akses yang mudah dari kota Surabaya. Cuaca yang sejuk dan jauh dari kebisingan kota, cocok untuk melepas penat setelah seminggu bekerja di kota.

2. Keindahan Ngarai
Menyusuri sungai dengan kanan dan kiri tebing menjulang tinggi. Beberapa kali terlihat kera lompat kesana-kemari entah apa yang mereka cari. Air yang jernih dan segar cukup memanjakan kaki yang lelah. Lumut dan bebatuan nampak sepeti surga dunia, memang selalu indah ciptaan Tuhan. Sayang sekali bukan jika kamu melewatkannya?

3. Phobia Ketinggian
Bagi kalian yang masih phobia dengan ketinggian, tenang alat pengaman yang digunakan sudah sesuai standar internasional. Para pemandunya juga sudah professional di bidangnya, jadi kalian akan tetap aman asal mengikuti instruksi dan tidak sekali-kali mencoba melepas pengaman yang digunakan.
Terakhir tetap jaga kondisi alam di Indonesia, jangan tinggalkan apapun selain jejak, jangan ambil apapun selain foto dan jangan membunuh apapun selain waktu.